10 June 2011

Serius dalam hidup keseluruhannya


Sesungguhnya aku tidak menghalalkan diriku menyia-nyiakan suatu saat pun dari usiaku. Manakala lisanku enggan melakukan diskusi atau dialog ilmiah, dan mataku malas membaca, maka aku tetap mengaktifkan pikiranku sekalipun tubuhku istirahat terlentang.
Ibnu 'Aqil
.........................................................................................
Ia tekun dalam ibadahnya, dan melakukan kerja rutinnya dengan penuh kesungguhan. Ia menghabiskan seluruh waktunya untuk kebaikan. Kukuh dalam prinsip agama dan rajin memberi nasihat kepada saudara-saudaranya. Apabila seseorang melihatnya, ia pasti mengetahui pertanda keseriusan dari roman mukanya.

pekerti Muhammad Ibnu Ahmad ad-Dibahi
.........................................................................................
Imam Hassan al Banna menggambarkan perihal teman-temannya,

Mata mereka masih tetap melek saat orang-orang tidur. Jiwa mereka penuh dengan kesibukan saat orang-orang yang malas lelap dalam tidurnya. Seseorang di antara mereka tekun di pejabatnya mulai dari Asar sampai tengah malam sebagai pegawai yang penuh dedikasi, dan sebagai pemikir yang penuh dengan kesungguhan. Sepanjang bulan ia tetap seperti itu dan manakala habis bulan ia menjadikan pemasukannya sebagai pemasukan bagi jamaahnya, nafkahnya sebagai nafkah bagi dakwahnya, dan hartanya sebagai sarana untuk meraih tujuannya. Sedang realiti kehidupannya mengatakan kepada anak-anak kaumnya yang lalai tentang pengorbanannya "Aku tidak meminta kepada kalian atas dakwahku ini suatu upah pun; upahku tiada lain hanyalah dari Allah."

Nah, mereka tidak pernah menyiakan walau satu detik pun dalam hidup mereka. Mereka bersungguh dalam urusan dunia, dan sama sekali tidak meninggalkan urusan akhirat.

Jangan sia-siakan fatrah exam yang panjang ini dengan ketidak sungguhan kita dalam menelaah pelajaran.
Seriuslah dalam kehidupan.
Niatkan semua adat2 ini untuk Allah, jadikan ia ibadah, jangan sia-siakan walau satu muka surat pun yang kita baca dan hafal. Pastikan semuanya Allah kira. Pastikan!


1 comment:

mylittlepencil said...

best....entri mendamaikan jiwaa...