24 June 2010

Leave what does not concern you

link
On the authority of Abu Hurairah, radiyallahu ‘anhu, who said : The Messenger of Allah, sallallahu ‘alayhi wasallam, said: “Part of the perfection of someone’s Islam is his leaving alone that which does not concern him.” [Hadith Hasan, Tirmidhi]
@
Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, beliau berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Di antara kebaikan Islam seseorang adalah meninggalkan apa-apa yang tidak berguna baginya.” 
(Hadits hasan, riwayat At Tirmidzi dan selainnya)[1]

Penjelasan:
Hadits ini adalah prinsip dasar dalam tata kesopanan dan bimbingan yang selamat, yaitu seseorang hendaknya meninggalkan apa yang tidak ada kepentingannya dan tidak ada hubungan dengan dirinya. Ini di antara baiknya nilai keislamannya. Ini pun akan membuatnya lega karena jika ia tidak terbebani dengan hal itu, maka ia merasa lega, tidak diragukan lagi hal itu lebih menentramkannya.
Dari hadits ini dapat dipetik faedah:
1. Sesungguhnya kadar keislaman manusia berbeda-beda. Di antaranya ada yang baik, ada yang baik, ada pula yang tidak demikian.[2] Berdasarkan sabdanya, “Di antara kebaikan Islam seseorang.”
2. Seseorang sepantasnya meninggalkan apa-apa yang tidak ada urusan dengannya, baik dalam urusan agama, maupun dalam urusan dunia, karena dengan demikian waktunya lebih terjaga, agamanya lebih selamat, dan kealpaan yang diperbuat pun lebih ringan. Tetapi jika ia turut campur dalam urusan orang lain yang tidak ada kepentingan padanya, maka ia akan merasa lelah. Namun jika dia berpaling darinya dan hanya menyibukkan dengan hal-hal yang berguna baginya, maka hal itu akan membuatnya tenang dan tentram.
3. Seseorang sepantasnya tidak menyia-nyiakan apa-apa yang berguna baginya, yaitu perkara-perkara yang berkaitan dengannya baik dalam urusan agama maupun urusan dunia, bahkan ia harus memperhatikan dan menyibukkan diri dengan hal tersebut dan melakukan apa-apa yang lebih dekat kepada pencapaian tujuan.
.....................................................................................................

kepada yang bakal exam oral esok, all the best.
sudah, jgn serabut2 dengan perkara yang tak ada kaitan dengan kamu.
tumpukan pada exam.
kamu akn jadi hina kerana tidak menjaga waktu kamu dan spend pada benda yang sia2.
sabar ya akhawat semua.

:D
Ibn al-Qayyim membuat analogi yang best dengan berkata:

 “Hati umpama burung. 
Lagi tinggi ia terbang, maka ia akan jauh daripada sebarang penyakit. 
Tetapi bila dia merendah, dia akan diterpa pelbagai penyakit.”


3 comments:

Anonymous said...

triple thumbs up!!.. kalau ada lagi satu thumd...hehehe

betul.. tinggalkan apa yang tidak berkaitan dengan diri mu.

Sharifah Syahirah TSM said...

baru je terjumpa kata2 ibnu qayim tu dekat somewhere.
em dapat dari mana ek?
lupa lah.

=).

uttoh said...

like this!!!

aah la..cam kenal je kata2 ibnu qayyim tu. :D
jzkk ukhti


:)